Generasi Cerdas & Terdidik

Minggu, 12 Agustus 2012

Batik bumi orek-orek

Bagi sobat Gencer yang rumahnya ngawi nihhh patut bangga......

NGAWI : Adalah sebuah kabupaten yang berada di ujung barat Provinsi Jawa Timur. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Menurut sejarah, Ngawi berasal dari kata ‘AWI’ dalam bahasa Sansekerta mempunyai makna BAMBU.
Topografi Kabupaten Ngawi terdiri atas dataran tinggi, yakni daerah yang terletak di sekitar Gunung Lawu. Di situ banyak obyek wisata yang menarik seperti Perkebunan Teh Jamus dengan hawa udara nan sejuk dan asri.

Sedangkan untuk dataran rendah, kabupaten dengan sebutan Kota Ramah ini didominasi hamparan lahan pertanian. Tidak jauh dari pusat Kota Ngawi ada satu titik pertemuan dua bengawan dengan sebutan Kali Tempuk. Ya…, di situlah pertemuan antara Bengawan Solo dengan Bengawan Madiun.
Hasil pertanian dan perkebunan dari wilayah ini sudah kondang, sehingga Kabupaten Ngawi mendapat julukan ‘Lumbung Padinya’ Provinsi Jawa Timur. Selain itu juga penghasil Kedelai maupun Melon yang melimpah.
Bukan itu saja, kabupaten ini juga tersohor akan Musium Trinil dan Benteng Pendem juga Alas Ketonggo atau Alas Srigati, sehingga Kabupaten Ngawi mendapat predikat sebagai Daerah Pusaka. Karena tempat ini ada hubungan history sejarah berdirinya Bangsa Indonesia.
Masih ada lagi, wilayah kabupaten ini sekitar 35 persen merupakan kawasan hutan yang mampu menghasilkan se-abreg tanaman pohon jati.
Karena kekayaan alam Bumi Orek-Orek Ngawi dan latar belakang sosial masyarakat inilah, membuat ME.Budi Siwi R terinspirasi untuk membuka mata dunia melalui coretan Batik Tulis yang sekaligus sebagai pelopor batik dengan motif khas Bumi Ngawi.
‘WIDI NUGRAHA BATIK’ demikian label yang disematkan untuk karya batiknya. Bersama putra tercintanya, Nugroho, mereka berkomitmen untuk membuat Batik Tulis dengan nuansa Asli Khas Ngawi.

1 komentar:

  1. wew,,, bagus juga..:D
    http://ngawion-line.blogspot.com/2012/09/ledre.html

    BalasHapus